March 7, 2019

4 Musuh Yang Dijadikan Kekasih Oleh Manusia

Manusia sering menganggap musuh sebagai kekasih

4 Musuh Yang Dijadikan Kekasih Oleh Manusia - Ini bukan musuh fisik, tapi musuh bathin, karena sakit fisik lebih mudah diobati daripada sakit bathin. Ketika yang diserang adalah bathin manusia maka akan sulit sekali diobati, salah satu obat yang paling sederhana adalah sering-sering mengaji.

Perbedaan lainnya adalah Sakit jasmani akan sembuh ketika sudah menemui ajal dan sampai ke alam kubur, tapi sakit batin jika sampai pada kematian akan lebih sakit lagi di alam barzah bahkan sampai akhirat.

Sebenarnya ada banyak sekali "musuh bathin" manusia, tapi ada 4 musuh batin yang paling berat bagi manusia, bahkan manusia berulangkali lupa dan menganggap musuh-musuh ini sebagai kekasih.

Lantas apa saja 4 musuh bathin manusia yang harus selalu diingat untuk selalu memusuhinya, berikut 4 musuh batin manusia yang dikutip dari sebuah pengajian :

1. Dunia

Banyak orang tidak menyadari bahwa "Dunia" adalah musuh mereka bahkan mereka lebih sering menganggapnya sebagai kekasih, faktanya banyak manusia lebih menyukai uang.

Tidak dipungkiri mencari uang adalah termasuk proses dalam menjalani kehidupan, tapi jangan sampai tertipu dengan uang, dan jadikan uang sebagai sarana untuk menggapai akhirat, bukan sebaliknya. Alangkah baiknya kita mengibaratkan uang seperti "Toilet" yang selalu dibutuhkan tapi tidak mencintainya.

Kedudukan juga merupakan bentuk dari dunia, rata-rata orang akan melakukan segala cara untuk mencapainya. Contoh nyata adalah yang terjadi saat ini, yang dilakukan oleh para timses maupun pendukung dari kedua calon presiden.

Satu lagi bentuk dunia yang sering dilupakan adalah Pujian, jika orang memiliki sifat tawadhu pasti akan lebih senang dicela daripada dipuji, karena pujian akan menimbulkan Riya' yang menyebabkan tidak diterima ibadah seseorang walaupun sudah dilakukan dengan benar. Yang lebih membuat orang riya' tersiksa adalah ketika nanti di akhirat, mereka akan melihat keindahan surga tapi bukan untuk tinggal di dalamnya. Sebagaimana sifat manusia yang akan tersiksa ketika hanya dipameri dengan sesuatu yang indah dan nikmat tapi tidak bisa menikmatinya.

2. Nafsu

Musuh terhebat manusia yang kedua adalah nafsu, yang manusia lebih sering menganggapnya bukan sebagai musuh tapi sebagai kekasih yang selalu dituruti segala keinginannya. Naluri seseorang akan selalu menuruti keinginan kekasihnya apapun itu yang diminta.

Untuk menghindarinya kita harus mengingat lagi bahwa nafsu adalah musuh berat bagi manusia, jadi ketika nafsu mengajak pada suatu keburukan, kita bisa menahannya, seperti ketika musuh kita yang selalu ingin menghancurkan kita. Logikanya dimana ada musuh yang ingin membuat kita menang ? jawabannya tidak pernah ada.

3. Syetan (Setan)

Tanpa dijelaskan syetan sudah jelas-jelas ditakdirkan jadi musuh manusia, bahkan mempunyai "legalitas" untuk mencampuri segala urusan manusia.

Sedetikpun Syetan tidak pernah lupa musuhnya yaitu manusia, bahkan selalu mengawasi musuhnya tanpa henti, tapi sebaliknya manusia mempunyai kelemahan yang tidak bisa mengawasi syetan dan hampir selalu lupa bahwa syetan adalah musuh kita dan melupakan perintah Tuhan untuk menjadikan syetan musuh kita.

4. Syetan Yang Berwujud Manusia

Musuh keempat ini adalah musuh terberat bagi manusia, Syetan yang berbentuk manusia, siapakah syetan yang berbentuk manusia ? yaitu semua manusia yang mengajak manusia lain pada keburukan.

Lantas apa yang menyebabkan syetan berwujud manusia ini lebih berat dihindari ? Karena musuh keempat ini berwujud dan nampak oleh mata manusia. Mereka tidak hanya berbisik pada telinga tapi merayu dengan memberikan hasil-hasil kongkrit dari sebuah keburukan, misalnya mengajak pada minum-minuman keras dengan iming-iming bisa melupakan masalah, dan langsung membawa minumannya.

Berbeda dengan syetan yang tidak nampak, yang hanya membisikan dan menyasarkan, syetan berwujud manusia bisa melakukan kontak fisik bahkan dengan memberikan contoh langsung.

Itulah 4 musuh bathin manusia yang sering dilupakan dan lebih menganggapnya sebagai kekasih. semoga kita selalu diberikan petunjuk untuk selalu beristighfar dan mendapat perlindungan dari Allah swt. Karena hanya Allah lah yang mampu menjaga kita dari musuh-musuh bathin tersebut. Mudah-mudahan bermanfaat, Aamin Ya Rabbal 'Alamin...

1 comment:

  1. numpang share ya min ^^
    bosan tidak tahu harus mengerjakan apa ^^
    daripada begong saja, ayo segera bergabung dengan kami di
    F*A*N*S*P*O*K*E*R cara bermainnya gampang kok hanya dengan minimal deposit 10.000
    ayo tunggu apa lagi buruan daftar di agen kami ^^
    || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    ReplyDelete