February 12, 2019

Kenapa Harus Ke Dukun Penglaris ?


Perlukah pergi ke Dukun penglaris

Kenapa Harus Ke Dukun Penglaris ? - Dukun penglaris jualan adalah Seorang yang "diyakini" bisa membuat warung, toko atau usaha perdagangan apapun menjadi laris dan ramai pembeli.

Seringkali ketika kita melintas di jalan melihat ada warung yang ramai pembeli, mungkin dari kita ada yang berfikir positif dengan mengatakan warung tersebut memang mempunyai makanan enak dengan harga terjangkau, ada juga yang berfikir negatif dengan mengatakan "pasti warung itu pakai penglaris".

Memang bagi sebagian pedagang, keberadaan penglaris dianggap penting, bahkan ada yang mengatakan "Berjualan di pasar kalau tidak pakai penglaris bisa kalah sama pedagang lain", tapi banyak juga pedagang yang tidak percaya dengan hal-hal semacam itu, tentunya kita juga tidak boleh berprasangka buruk pada semua pedagang yang tokonya ramai pembeli.

Menurut seseorang yang pernah berhubungan dengan "dunia" penglaris jualan, terdapat 3 macam penglaris yang selama ini diyakini oleh para penjual, berikut jenis-jenis penglaris :

- Penglaris Kejawen (Dukun Jawa)
- Penglaris Kejawen "dikolaborasikan" dengan Islami (Campuran)
- Penglaris Islami (Kyai)

Ada sebuah kisah bagaimana seorang penjual yang memiliki warung makan mengaku pernah tergantung  dengan penglaris pada saat usahanya mengalami penurunan. Karena putus asa dan tidak tahu harus berbuat apa, akhirnya memutuskan datang ke dukun penglaris dengan harapan usahnya kembali berkembang dan tidak mengalami kebangkrutan.

Setelah mengikuti semua "instruksi" sang dukun dari menabur bunga, garam di pertigaan hingga hal-hal yang lebih ekstrim dia lakukan, nyatanya usahanya tidak kunjung berubah menjadi ramai dan laris tapi semakin sepi dan bangkrut bahkan tutup.

Beliau mengatakan, "Setelah gulung tikar dan bangkrut, kami bertobat, memohon ampun pada yang kuasa juga merenung, lantas kami berusaha bangkit lagi dan memulai dari nol, setiap waktu berdoa agar usaha kami diridhai, Akhinya Allah SWT mendengar doa-doa kami hingga kini warung kami ramai seperti saat ini." sambil menunjuk banyaknya pembeli yang ada di warungnya.

Kesimpulannya adalah seorang dukun atau kyai tidak akan bisa membelokkan orang untuk masuk ke toko kita, apalagi membuat "orang yang benci" pada kita belanja dan membeli di toko atau warung kita. Menggunakan penglaris sama saja dengan memohon bantuan pada makhluk, dan merupakan bentuk keputusasaan serta melupakan kekuasaan Tuhan. Sedangkan kita sebenarnya sadar dan yakin bahwa segala sesuatu yang terjadi di dunia ini tidak luput dari kekuasan-NYA.

Bagi para pedagang mungkin pernah mengalami hal-hal yang kadang tidak masuk akal, misalnya di sebuah jalan masuk sudah ada toko tapi ternyata ada orang tidak dikenal (calon pembeli) melewatinya dan memilih masuk dan membeli di toko kita yang tempatnya lebih jauh, itulah salah satu bukti kekuasaan Allah bahwa rezeki tidak akan tertukar.

Jadi kenapa harus ke dukun penglaris jika memang hanya Allah SWT yang mampu memberi dan membagi rezeki, sedikit atau banyak kita hanya harus bersyukur (merasa lapang) karena semuanya sudah menjadi ketentuan-Nya. Kita hanya harus kerja lebih keras, cerdas, tuntas dan ikhlas, hasil dari semua yang sudah kita lakukan adalah mutlak anugerah dari Allah. Mudah-mudahan bisa menjadi inspirasi dan motivasi dan semoga bermanfaat.

1 comment:

  1. numpang share ya min ^^
    bosan tidak tahu harus mengerjakan apa ^^
    daripada begong saja, ayo segera bergabung dengan kami di
    F*A*N*S*P*O*K*E*R cara bermainnya gampang kok hanya dengan minimal deposit 10.000
    ayo tunggu apa lagi buruan daftar di agen kami ^^
    || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    ReplyDelete