February 17, 2019

5 Alasan Pendatang Lebih Sukses Dari Orang Pribumi


Sukses dalam persaingan bisnis membutuhkan strategi layaknya bermain catur

5 Alasan Pendatang Lebih Sukses Dari Orang Pribumi - Mungkin judul ini tidak relevan, karena banyak juga orang pribumi yang sukses. Tapi mungkin ada juga yang mengalaminya, merasa tidak bisa sukses sebagai pribumi dan melihat banyak pendatang yang sukses.

Yang saya maksud dalam tulisan berikut ini bukan hanya pendatang dari luar negeri, tapi termasuk juga pendatang dari pulau, provinsi juga kota lain.

Dan inilah 5 Alasan Pendatang Lebih Sukses dari Orang pribumi serta perhatikan perbedaannya :

1. Kenyamanan

Sebagai pendatang tentu merasa tidak nyaman dengan segala kekurangan yang dialami di daerah orang lain. Karena ketidaknyamanannya itulah yang menyebabkan mereka berpikir dan bekerja lebih keras daripada orang pribumi yang berada di lingkaran nyaman dengan segala fasilitas yang dimilikinya membuat mereka merasa cukup.

2. Tekad Yang Kuat

Seorang pendatang sudah berani melangkah meninggalkan tempat tinggalnya, mengorbankan kebersamaan dengan keluarga, bermalas-malasan tidak akan bisa jadi pengganti begitu banyak pengorbanan yang telah dilakukan, jadi tekad mereka lebih kuat menghadapi segala rintangan yang ada, berharap semua yang dilakukan sepadan dengan pengorbanan. Sedangkan orang pribumi selalu dekat dengan keluarga yang membuat mereka menjadi lebih manja ketika menghadapi rintangan dalam melaksanakan tugas bekerja.

3. Tanggung Jawab

Baik Pendatang atau Orang Pribumi, pasti memiliki rasa tanggung jawab, pendatang akan bertanggung jawab pada setiap kegagalannya karena mereka sadar, mereka benar-benar sedang sendiri di perantauan. Tapi sebagai orang pribumi yang menghadapi kesusahan, mempunyai pikiran berharap teman dan keluarga serta pemerintah membantunya.

Contoh ketika sebuah toko milik orang pribumi yang sudah lama berdiri mengalami kesusahan, selain berharap bantuan dari teman dan keluarga, mereka akan menyalahkan pendatang yang mendirikan toko tepat di sebelahnya. Padahal mereka sadar bahwa setiap manusia dewasa bertanggung jawab atas diri mereka sendiri.

Masalah dalam hidup pasti akan datang silih berganti, dan masalah tersebut tidak akan hilang sampai seseorang menghilangkannya, jangan berharap pada orang tua, pemerintah bahkan sampai mengutuk nasib kita.

Maju dan bertanggung jawablah dengan berani, karena ini adalah masalah kita bukan masalah orang lain.

4. Pola Pikir

Seperti halnya tanggung jawab, ketika seorang pendatang berpikir dan bekerja keras untuk keberhasilannya, dan membuatnya benar-benar berhasil.

Orang lama berpikir keras bagaimana menjatuhkan pendatang dengan keberhasilannya karena merasa tersaingi, bahkan bukan hanya pendatang tapi sesama pribumi pun mereka bersaing tidak sehat dengan berusaha menghancurkannya, seperti yang terjadi pada situs belanja online bukalapak, bukan mendukung dan memberi semangat pada ceo bukalapak Achmad Zaky (yang melakukan blunder dengan cuitannya), apa yang dilakukan warganet ? Mereka ramai-ramai "uninstall" aplikasi bukalapak yang merupakan "unicorn" Indonesia yang selama ini menjadi tempat pengusaha UMKM mencari nafkah.

Cuitan Achmad Zaky CEO Bukalapak
"Omong kosong Industri 4.0 kalau budget R&D negara kita kaya gini (2016, in USD) 1. US 511B 2. China 451B 3. Jepang 165B 4. Jerman 118B 5. Korea 91B 11. Taiwan 33B 14. Australia 23B 24. Malaysia 10B 25. Spore 10B 43. Indonesia 2B. Mudah2an presiden baru bisa naikin,"

Pribumi menghabiskan banyak waktu untuk berpikir negatif, yang akan membuatnya semakin terpuruk. Sehingga kehabisan waktu untuk mencari solusi atas masalah-masalah dalam internal mereka.

5. Pengetahuan

Orang yang berada di daerah baru akan berusaha mencari peluang sekecil apapun di daerah tersebut. Mereka akan terus belajar dan "mengorek" informasi dari orang sekitar, apa yang digemari penduduk sekitar ? Bagaimana kondisi ekonomi masyarakatnya? Apa-apa saja yang belum tersedia di sana? Dan lain sebagainya.

Sedangkan penduduk asli merasa lebih tahu segalanya, karena mereka sudah lama tinggal bahkan dilahirkan di daerahnya. jadi mereka berhenti mencari tahu apa-apa saja yang masih bisa dijadikan peluang di sekitarnya.

Itulah 5 Alasan pendatang bisa lebih berhasil daripada penduduk asli. Mungkin masih banyak lagi alasan yang tidak saya ketahui, kiranya pembaca memiliki alasan-alasan yang lain, sudi kiranya menambahkannya di kolom komentar, dengan harapan bisa menambah wawasan bagi pembaca lainnya.

Tapi kesuksesan atau keberhasilan bisa bermakna luas, bukan sekedar dalam bentuk materi, dan bagaimanapun Tuhan adalah penentu dari keberhasilan seseorang (Keimanan adalah hal paling penting).

Semoga bisa menjadi inspirasi dan motivasi bagi kita semua, dan mudah-mudahan bermanfaat.

4 comments:

  1. Kita kalah dengan pendatang karena pola pikir kita yg salah.

    BERJUANGLAH

    ReplyDelete
  2. Saya setuju dengan anda, Kita kehabisan waktu untuk membuat orang lain jatuh. padahal seharusnya kita menggunakan waktu untuk berpikir apa kesalahan atau kekurangan dari usaha kita sendiri.

    ReplyDelete
  3. numpang share ya min ^^
    bosan tidak tahu harus mengerjakan apa ^^
    daripada begong saja, ayo segera bergabung dengan kami di
    F*A*N*S*P*O*K*E*R cara bermainnya gampang kok hanya dengan minimal deposit 10.000
    ayo tunggu apa lagi buruan daftar di agen kami ^^
    || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    ReplyDelete