January 15, 2019

Perlukah Tahadduts Bini'matillah (Memperbarui Nikmat Allah)

Mengorbankan kebahagiaan karena merantau jauh dari keluarga

Perlukah Tahadduts Bini'matillah (Memperbarui Nikmat Allah) - Termasuk contoh sebagian dari nikmat Allah adalah mempunyai sumber pendapatan di tengah-tengah keluarga. Bisa memberi ma'isyah kepada keluarga di tempat dimana seluruh keluarga berkumpul, anak istri serta bapak ibu berada tidak jauh dari kita.

Nikmat yang mungkin jarang terlintas di pikiran kita, bahwa sumber penghasilan / pekerjaan yang masih berada dibawah jangkauan kita adalah nikmat yang besar, bisa bekerja dengan didampingi keluarga adalah kebahagiaan yang tak terkira.

Banyak orang yang punya pekerjaan di tempat yang jauh dari keluarga. Meninggalkan anak istri dengan jarak tempuh yang lama demi mencukupi kebutuhan hidup keluarga, bisa berkomunikasi hanya dengan telepon selluler, tanpa bisa merasakan kebersamaan bersama keluarga. Pastilah ada yang kurang lengkap dalam hidupnya.

Suatu kebahagiaan bisa berkumpul bersama keluarga, karena keluarga adalah tempat kita berbagi suka, duka, bahagia dan tempat kita berbagi cerita, kenangan juga harapan. Serta tempat kita merangkai masa depan, menyusun harap dan menggapai mimpi.

Tapi terkadang rasa mengeluh masih saja menempel dalam diri kita, sering lupa bahwa masih banyak orang yang harus bekerja jauh dari keluarga, meskipun mereka mungkin mendapatkan materi yang lebih, dengan mengorbankan sebagian kebahagiaan mereka yang tidak bisa berkumpul dengan keluarga setiap hari.

Ada baiknya kita selalu "Tahadduts Bini'matillah" (menampakkan Nikmat Allah) memperbarui atau mengingat - ingat kembali nikmat yang diberikan Allah Subhanahu Wa Ta'ala dalam ingatan kita (bukan pada orang lain seperti seharusnya) yang pasti akan menimbulkan efek bersyukur dan tambahnya nikmat dalam diri kita.

Sungguh kita tak pernah bisa menghitung berapa banyak nikmat Allah yang telah dikaruniakan pada kita, maka pantaslah kita mengucapkan "Alhamdulillah 'ala kulli ni'matillah."

Semoga Allah menambah rasa syukur kita, karena bagaimanapun juga bisa bersyukur adalah sebuah hadiah atau pemberian dari-Nya. Dan pada akhirnya kita harus bersyukur karena ditakdir bisa bersyukur. Semoga bermanfaat.

Oleh : Laila

0 komentar

Post a Comment