January 9, 2019

Kesadaran Yang Tidak Disadari Ketika Berdoa

Pengakuan hanya Allah yang bisa mengabulkan doa

Kesadaran Yang Tidak Disadari Ketika Berdoa - Sebelum menulis tentang kesadaran apa yang tidak disadari ketika berdoa, baiknya kita memahami dulu apa itu Doa secara singkat. Pengertian doa atau berdoa adalah meminta atau memohon sesuatu yang baik pada Allah SWT. seperti memohon keselamatan, berharap dapat pekerjaan, memohon diberikan rejeki yang lapang dan masih banyak lagi. Jika ada yang berharap terjadi keburukan pada orang lain, itu bukanlah doa, karena tidak ada bacaan doa untuk membuat orang lain terluka, yang ada doa berharap dilindungi dari orang yang ingin mencelakakan kita.

Berdoa menjadi rutinitas harian yang dilakukan hampir setiap muslim/muslimah , dimulai dari bangun tidur pagi sampai menjelang tidur lagi. Di setiap kegiatan, kita dianjurkan untuk berdoa,  bahkan sebelum dan sesudah buang hajat sekalipun ada doanya.

Hampir setiap orang menyukai sesuatu yang cepat atau instan, jika diaplikasikan dalam doa, semua orang ingin segera dikabulkan doa - doanya. meskipun sebenarnya doa kita selalu dikabulkan dalam bentuk yang terkadang berbeda dari harapan kita, tapi sebenarnya itulah yang kita butuhkan, karena Allah maha mendengar dan maha mengetahui apa yang kita butuhkan.

Lantas Kesadaran apa yang hampir sebagian banyak dari kita tidak menyadarinya saat sedang berdoa ? Kesadaran yang saya maksud adalah PENGAKUAN. Iya pengakuan dan perendahan diri pada Allah bahwa semua doa yang kita baca tak ada yang bisa mengabulkannya selain Allah SWT.

Maksudnya adalah kita seharusnya menyadari bahwa kita berdoa karena hal itu adalah perintah agar ingat pada Allah, bukan karena nafsu atau melibatkan Allah dalam urusan kita. Jadi apapun dan berapa banyak doa yang kita panjatkan, adalah karena sedang mengingat dan mengakui hanya Allah yang maha kuasa yang mampu mengabulkannya tak ada yang lain.

Sebaiknya mulai sekarang kita selalu menyadari ini saat berdoa, Bagaimanapun juga doa hanya sebuah bacaan dan "rentetan" keinginan kita, inti dari berdoa adalah pengakuan kita bahwa "hanya Engkaulah ya Allah yang bisa mengabulkan semua harapan ini."
Saya ulangi lagi, Jadi alasan kita berdoa, bukan sekedar ingin dipenuhi dan dikabulkan keinginan kita, tapi karena kita sadar dan yakin sedang meminta kepada Allah, satu-satunya Dzat yang bisa mengabulkan doa.

Akhirnya, hampir di setiap artikel, saya harus mengatakan ini "bukan bermaksud menggurui hanya ingin berbagi" mohon maaf atas segala khilaf dalam penulisan maupun penyampaian, kami selalu terbuka untuk menerima kritik dan saran yang bisa anda tulis di kolom komentar dan juga kolom contact us, dan semoga bermanfaat.

0 komentar

Post a Comment