January 10, 2019

Inilah Sifat Yang Menjadikan Orang Berpikir Negatif, Bahkan Rasulullah SAW Berdoa Agar Terhindar Dari Sifat Ini

Photo by Adi Goldstein on Unsplash

Inilah Sifat Yang Menjadikan Orang Berpikir Negatif, Bahkan Rasulullah SAW Berdoa Agar Terhindar Dari Sifat Ini - Banyak orang tidak mengira bahwa Buruk sangka atau Prasangka buruk terhadap orang lain itu berawal dari dalam diri kita sendiri, bukanlah pengaruh dari orang lain. Salah satu hal yang bisa membuat kita berprasangka buruk pada orang lain yang lebih dari kita adalah malas.

Malas menjadi penyakit bagi banyak orang termasuk saya sering mengalaminya, ternyata malas berefek buruk luar biasa. Ketika seseorang lebih berhasil dari kita, lebih bisa melakukan kebaikan daripada kita, dan tanpa disadari kita tertinggal dengan kemalasan kita, seringkali muncul rasa iri dan dengki pada diri kita, lalu timbulah prasangka buruk dan tuduhan yang macam-macam, Ibarat kata " KALAH JURUS MENANG NUDUH ".

Karena begitu besar efek negatifnya, maka Rasulullah SAW. mengajari kita berdo'a agar dihindarkan dari sifat malas. berikut adalah Doa agar dihindarkan dari malas.

Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa membaca do’a:

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَالْجُبْنِ وَالْهَرَمِ وَالْبُخْلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ

“Allahumma inni a’udzu bika minal ‘ajzi, wal kasali, wal jubni, wal haromi, wal bukhl. Wa a’udzu bika min ‘adzabil qobri wa min fitnatil mahyaa wal mamaat"

Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan, rasa malas, rasa takut, kejelekan di waktu tua, dan sifat kikir. Dan aku juga berlindung kepada-Mu dari siksa kubur serta bencana kehidupan dan kematian (HR. Bukhari Muslim )

Sifat malas bukan hanya dalam hal Beribadah saja, tapi segala hal yang akan membuat kita menyesal di kemudian hari.

Jangan biarkan Malas menjilati kaki-kaki kita, tetap semangat ! meskipun kita tahu bahwa segala usaha dan kerja keras kita tidak menjamin keberhasilan kita, karena kita tahu dan yakin, Hasil dari segala usaha adalah wewenang Allah SWT.

Itulah sedikit tulisan tentang bahaya dari sifat malas, mudah-mudahan bisa menjadi motivasi untuk kita menuju manusia  bermanfaat, semakin banyak kebaikan yang kita lakukan pastinya semakin banyak manfaat bagi lingkungan dan orang di sekeliling kita. Semoga tulisan ini bermanfaat.

0 komentar

Post a Comment