December 28, 2018

Inilah Yang Harus Dilakukan Ketika Dizalimi

 
contoh gambar orang beradu argumen

Sebaiknya membalas atau bersabar ketika dizalimi ?

Inilah Yang Harus Dilakukan Ketika Dizalimi - Hampir setiap manusia pasti sakit hati ketika dizalimi atau merasa terzalimi, dalam kontek sebatas diri kita dan tidak menyangkut agama maupun tauhid kita, baik itu dalam bentuk fisik maupun mental, jasmani maupun rohani. Dan apakah kita boleh membalas kezaliman yang dilakukan orang lain pada diri kita ?

Sebenarnya kita boleh membalas orang yang mezalimi kita, tetapi dengan syarat, balasan yang kita berikan harus sama persis tidak boleh lebih. Dan sesungguhnya bersabar itu lebih baik ( ketika dizalimi ) bagi orang-orang yang sabar.

Membalas

Membalas boleh saja ketika kita dizalimi oleh orang lain, asal kita bisa menjamin dengan "balasan yang sama persis" tidak lebih. Karena ketika kita melakukan balasan yang lebih, logikanya kita akan  jadi subyek ( pelaku ) bukan lagi obyek ( terzalimi ) seperti posisi awalnya, bukankah hal itu akan sulit dilakukan, mengingat rasa ( fisik maupun mental ) yang diakibatkan akan berbeda pada masing-masing orang, yang bisa dipastikan memiliki fisik maupun psikologi yang berbeda.

Bersabar

Maka dari itu Agama ( Aturan yang diturunkan agar manusia menjadi teratur ) menganjurkan dan memastikan bersabar atas kezaliman yang terjadi, akan lebih Baik dan Benar bagi orang yang sabar. Seperti kutipan yang sering kita dengar "Bukanlah Kesabaran Jika Masih Ada Batasnya, Dan Bukanlah Keikhlasan Jika Masih Merasakan Sakit."

Jadi, terbentuknya pribadi yang baik atau kurang baik, diri kitalah yang menentukan. Seberapa kuat kita bisa melawan nafsu, itu akan menjadi salah satu faktor penentu pribadi kita.


Itulah sedikit pengetahuan yang bisa saya sampaikan, mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penjelasan, pengertian dan penyampain, semoga sedikit kutipan ini bermanfaat dan bisa menjadi renungan, motivasi dan juga inspirasi bagi kita semua, dalam menjalani kehidupan menuju fase tua yang "bermakna" dan mendekati ajal.


0 komentar

Post a Comment