December 26, 2018

Saat Orang Baik Melakukan Kejahatan

Preman yang sering melakukan kebaikan

Saat Orang Baik Melakukan Kejahatan - Kebaikan tetaplah kebaikan, siapapun pelakunya, tak sepatutnya mengatakan kebaikan bukanlah kebaikan karena dilakukan oleh bukan orang baik. Sudah ada kaidah masing-masing, Sederhananya Keburukan adalah perbuatan dan ucapan yang merugikan orang lain. Dan kebaikan adalah Perbuatan dan ucapan yang bisa menguntungkan orang lain.
Agar orang awam seperti saya dan anak cucu kita tetap tahu apa itu kejahatan dan apa itu kebaikan, sebaiknya kita mengatakan siapapun bisa melakukan kebaikan dan juga kejahatan.

Bahaya ketika seandainya ada orang berkopyah putih sedang dan telah melakukan "Keburukan" tidak dikatakan bahwa itu Keburukan, lambat laun anak cucu kita bisa menganggap bahwa semua yang dilakukan orang berkopyah putih itu baik, padahal dia sedang atau telah melakukan "Keburukan".

Akhir-akhir ini banyak orang dengan membawa jargon agama yang menutup paksa warung makan yang sedang berjualan siang hari pada bulan ramadhan, bukankah hal itu kurang tepat dilakukan di negara indonesia yang tidak semua warganya beragama islam ( non muslim ) yang bisa saja lapar saat bekerja jauh dari rumah dan butuh warung makan. Kalaupun ada orang yang tidak puasa toh dia hanya boleh mengingatkannya tidak menutup warungnya apalagi sampai merusaknya ( ketika pedagang bersikukuh tidak mau tutup ).

Begitu juga sebaliknya, ketika seorang yang bukan orang baik sedang melakukan Kebaikan, sebaiknya kita juga mengatakan bahwa yang dilakukan orang itu adalah kebaikan. Masalah kebaikan orang itu diterima atau tidak oleh Tuhan, itu bukan tanggung jawab kita, kita hanya harus mengatakan orang itu sedang melakukan kebaikan.

Seperti apa yang pernah saya tulis sebelumnya di Kekayaan Adalah Pemberian Bukan Hasil bahwa Proses itu yang dinilai bukan hasil, maksudnya perbuatanlah yang dinilai diterima atau tidak itu urusan Tuhan.

Itulah pendapat pribadi saya tentang Kebaikan dan Keburukan, mohon maaf jika tidak berkenan dan silahkan mengoreksinya di kolom komentar, semoga bermanfaat.

0 komentar

Post a Comment