December 11, 2018

Husnul Khotimah Atau Su'ul Khotimah

 

Itikaf di Masjid lebih baik daripada melacur di lokalisasi

Husnul Khotimah Atau Su'ul Khotimah - Suatu perkara yang bisa dipastikan akan terjadi, dan tidak ada yang tahu kedatangannya adalah mati, kematian adalah nasehat bagi orang hidup, agar senantiasa berhati-hati dalam menjalani kehidupan, karena kematian pasti akan datang.

Kita tidak akan tahu kapan? dimana? dalam kondisi baik apa sebaliknya saat meninggal. Oleh karena itu istiqomah berdo'a agar dimatikan dalam keadaan membawa Iman ( Husnul Khotimah ), berikut saya  sertakan Do'a Husnul Khotimah :

اللهم انى اسألك بحسن الخاتمه واعوذبك من سوء الخاتمه

Artinya : "Ya Allah sesungguhnya aku memohon kepadaMu agar mati dalam keadaan beriman, dan berlindung hanya kepadaMu dari mati tidak beriman."

Dari do'a di atas, saya berkaidah:
Husnul Khotimah adalah mati dalam keadaan beriman kepada Allah, "meskipun meninggal di tempat yang buruk".

Ingatlah ! Mati di dalam masjid belum tentu husnul khotimah, begitu juga mati di dalam Lokalisasi pelacuran belum tentu akhir yang buruk. Jangan asal menghakimi orang lain, berprasangka baik akan lebih benar. Karena hanya Allah yang maha Mengetahui.

Husnul Khotimah bukan sekedar mati dalam kondisi dan tempat yang baik seperti apa yang terlihat oleh mata dan diterjemahkan oleh pikiran manusia. karena nafsu dan setan juga bisa berada dimana serta dalam keadaan apa saja, setan akan berusaha dengan segala bentuk usahanya agar manusia mengingkari kebenaran tauhid ( La Ilaha Illallah Muhammad Rasulullah ) saat manusia mengalami sakaratul maut, dan Nafsu akan mendorong manusia untuk membenarkan apa yang disyairkan oleh Setan. Husnul Khotimah adalah pada saat sakaratul maut, ada  Keihkhlasan serta pengakuan bahwa tidak ada Tuhan selain Allah Subhanahu Wa Ta'ala, (yang menghidupkan dan mematikan).


Hidup karena Allah menghidupkan kita, Demikian juga Mati karena Allah yang mematikan kita.

Tapi bagaimanapun itikaf di dalam Masjid lebih benar daripada melacur di lokalisasi pelacuran. maka dari itu fahami dulu penjelasan apa itu Husnul Khotimah dan apa itu Su'ul Khotimah, agar lebih bijak dalam menghakimi orang lain yang meninggal dunia.

Demikian yang dapat saya sampaikan, mohon maaf apabila ada salah penulisan dan pemahaman saya tentang husnul khotimah dan su'ul khotimah. mohon koreksinya di kolom komentar. Mudah-mudahan bisa menjadi pembelajaran untuk ketawadhu'an kita dan semoga bermanfaat.

0 komentar

Post a Comment