December 13, 2018

Dua Faktor Rahasia Munculnya Kebaikan Di Dunia

Contoh perbuatan yang dilakukan dengan ketulusan tanpa pamrih

Dua Faktor Rahasia Munculnya Kebaikan Di Dunia - Kebaikan, sering kita mendengar kata kebaikan, sesuatu yang terjadi karena perbuatan baik. Tapi  berbuat baik saja tidak cukup untuk bisa menimbulkan kebaikan, sebagai contoh, kita pasti pernah berbuat baik tapi malah menimbulkan "keburukan", karena kita menyimpan "keinginan tersembunyi" di balik perbuatan baik itu

Lantas apa saja faktor rahasia yang bisa menimbulkan kebaikan ? Berikut jawabannya.

  • Kebenaran
Untuk bisa menimbulkan efek yang baik dari setiap perbuatan yang kita lakukan, kita harus berbuat baik dengan cara yang benar. Tindakan tanpa kebenaran dalam sebuah kebaikan akan membuat cacat kebaikan itu sendiri, mungkin secara kasat mata terlihat baik tapi hakikatnya ada lubang-lubang kecacatan didalam kebaikan itu.


  • Ikhlas ( Tulus )
Ketika kita sudah melakukan perbuatan baik dengan cara yang benar, yang kedua adalah keikhlasan. Keikhlasan atau ketulusan menjadi faktor paling penting untuk bisa menimbulkan kebaikan. Dengan ikhlas kita tak punya keinginan untuk dibalas, dihargai, atau dipuji.

Contoh kecil efek baik dari keikhlasan, kita tidak akan mengingatkan dan marah (jawa : undat-undat) pada orang yang berlaku buruk pada kita, padahal kita sering memberinya sesuatu, karena kita tidak "modus" waktu memberinya. Bukankah itu satu efek yang baik bagi kita.

Itulah dua faktor penting dari setiap perbuatan yang pasti akan memunculkan kebaikan.

"Jadi siapapun kita, pasti akan menjadi penyebab kebaikan jika melakukannya dengan Benar dan Ikhlas."

Dikutip dari Pengajian rutin oleh Kyai Zaenal Arifin



0 komentar

Post a Comment